Search This Blog

Friday, January 8, 2010

RI Terus Dukung Kemerdekaan Palestina

Konflik panjang di Timur Tengah hingga kini belum berujung.
Pemerintah Indonesia menegaskan akan terus mendukung perjuangan rakyat Palestina untuk mencapai kemerdekaannya.

"Indonesia mendukung secara konsisten perjuangan bangsa Palestina dan proses perdamaian yang ditujukan untuk mewujudkan suatu negara Palestina merdeka," ujar Menteri Luar Negeri Marty M Natalegawa dalam pernyataan pers tahunan di Kantor Deplu, Jl Pejambon, Jakarta, Jumat (8/1/2010).

Marty mengatakan, penggeloraan kembali upaya diplomatik oleh kelompok quartet, termasuk Amerika Serikat harus terus didorong. Politik luar negeri Indonesia juga tidak akan mengabaikan kesulitan yang terus berlanjut di Afghanistan dan Irak.

"Indonesia juga akan berupaya memberikan kontribusi yang sejalan dengan kapasitas nasional serta prinsip-prinsip kebijakan luar negeri RI," imbuhnya.

Marty menjelaskan ditahun 2010, Indonesia akan bekerja untuk meningkatkan perannya dalam menjembatani berbagai perbedaan masyarakat antar bangsa.

Politik luar negeri kita akan secara konsisten menempatkan Indonesia sebagai bagian dari penyelesaian masalah tantangan global.

"Sebagai suatu negara yang mengedapankan titik temu dan bukannya mempertentangkan berbagai kepentingan dan pokok perhatian yang ada," imbuhnya.

0 comments: