Search This Blog

Friday, January 8, 2010

Arnold pun Naksir Teknologi Hydrogen Super Highway

Teknologi kereta supercepat Hydrogen Super Highway menarik banyak pihak di negara asalnya Amerika Serikat (AS). Gubernur California Arnold Schwarzeneger termasuk peminat yang ingin mengembangkan teknologi baru ini di California.

"Kita akan membangun Hydrogen Highway dan stasiun bahan bakar hidrogen di berbagai daerah di California untuk mengurangi ketergantungan minyak," kata Arnold seperti dilansir dari situs pemerintah California gov.ca.gov, Jumat (8/1/2010).

Interstate Traveler selaku pemilik teknologi memang belum membangun satu kereta pun sampai saat ini. Namun mereka sudah berpromosi sejak 2003.

Dari situ resmi Interstate Traveler, target utama pembangunan kereta hidrogen ini adalah Michigan. Kantor pusat Interstate memang berada di Detroit, Michigan.

Sejauh ini pemerintah negara bagian Michigan dan Interstate masih saling menjajaki dan mempersiapkan regulasi. DPR dan Senat Michigan secara resmi sudah mendukung pembangunan proyek ini sejak Maret 2003. Negara bagian Oklahoma pun melakukan langkah serupa sejak 2004.

Selain Michigan dan Oklahoma, negara bagian lain yang berminat adalah California. Gubernur California Arnold Schwarzeneger memberikan dukungan langsung. Sang Terminator memberikan perintah khusus untuk dibangunnya infrastruktur teknologi hidrogen ini sebagai penunjang sejak tahun 2004.

0 comments: