Search This Blog

Thursday, June 24, 2010

Melakukan Recovery Console Dengan CD Windows XP

Recovery Console adalah berbasis Command Line, fitur canggih diagnostik tersedia dalam bebrapa versi sistem operasi Windows. Recovery Console sangat penting untuk dipahami karena jika kita sudah masuk pada area ini. ada banyak sekali masalah berbasis Command Line yang bisa diselesaikan. Pada artikel berikut akan saya beritahu sejumlah daftar mengenai apa saja kerusakan yang bisa diselesaikan melalui fasilitas ini.
Recovery Console sangat berguna untuk memperbaiki atau mengganti file-file penting sistem operasi. Bila file ini tidak bekerja sebagaimana mestinya, startup Windows kadang-kadang tidak bisa berjalan sama sekali. Dalam kasus ini, Anda harus mengakses fasilitas ini untuk mengembalikan file, dengan langkah-langkah berikut ini :
Anda harus booting dari DVDROM Drive. Jika Anda belum paham cara booting, silakan kunjungi artikel ini : Cara Booting komputer Dari Bootable CD atau DVD yang telah saya tulis sebelumnya.
  1. Hidupkan atau Restart komputer Anda untuk memulai
  2. Ketika muncul pesan ( Press Any Key To Boot Form CD... ) seperti diatas silakan tekan sembarang tombol pada keyboard. Ingat : Pesan diatas hanya muncul sebentar, jadi kalua Anda terlambat komputer akan langsung Boot dari Harddisk Drive. Jika Anda terlambat, silakan ulangi langkah 1 diatas.
  3. Selanjutnya akan muncul gambar seperti dibawah ini. Tidak ada intervensi pengguna dibutuhkan dalam langkah ini. Windows XP meloading beberapa file dalam persiapan baik instalasi ulang Windows XP atau untuk menggunakan Recovery Console.
  4. Jika gambar seperti dibawah ini muncul, silakan tekan huruf "R" pada keyboard Anda.
  5. Selanjutnya akan muncul jendela seperti dibawah ini, dan silakan tekan angka "1" dengan asumsi sistem operasi yang hendak direpair diinstall pada Drive C : tetapi jika sistem operasi ada pada Drive D : maka kita harus memilih angka "2".
  6. Jendela berikut akan segera muncul. Jika Anda memasang password pada Administrator silakan ketik, tetapi jika Anda tidak pernah membuaat passwordnya langsung saja tekan [ENTER].
  7. Nah jendela berikut inilah yang dimaksud jendela Recovery Console, disinilah Anda akan mengetik sejumlah perintah untuk melakukan perbaikan atau repair Windows.

0 comments: