Search This Blog

Sunday, April 18, 2010

Struktur Key dan Fungsi Pada Regedit

Dihalaman Regedit, Anda akan menemukan banyak key ( kunci ) dan subkey ( sub kunci ) beserta datanya. Dari beberapa key yang ada memilki fungsi yang berbeda.

  • HKEY_CLASSES_ROOT
Nama lain dari key ini adalah HKCR. Key ini merupakan tempat dimana seluruh asosiasi file Windows disimpan, dan dimana Windows akan mencari special folder type classes. Didalam struktur, key ini di identik dengan HKEY_LOCAL_MACHINE\SOFTWARE\Classes.
  • HKEY_CURRENT_USER
Nama lain dari key ini adalah HKCU. Key ini berisi informasi tentang user yang sedang login pada saat itu. Didalam HKCU terdiri dari beberapa subkey, antara lain :
  1. AppEvent, berisi setting untuk sound events.
  2. Control Panel, berisi setting control panel.
  3. InstallLocationMRU, berisi path/lokasi master Windows ( waktu pertama kali menginstall Windows ).
  4. Network, berisi informasi yang berhubungan dengan network atau jaringan.
  5. Software, berisi tentang setting atau konfigurasi software untuk pemakai yang aktif pada saat itu.
  6. RemoteAcces, berisi informasi tentang Dial Up Networking.
Semua setting yang dilakukan didalam key ini hanya akan diterapkan pada sistem yang dimiliki user aktif atau yang mengaturnya saja.

  • HKEY_LOCAL_MACHINE
Key ini meiliki struktur dan fungsi mirip dengan HKCU. Nama lain dari key ini adalah HKLM, yang berisi informasi tentang hardware dan setting software yang berlaku untuk semua user. terdiri dari subkey, antara lain :
  1. Enum, berisi informasi tentang hardware. Misalnya, tentang monitor.
  2. Hardware, berisi informasi tenatng port serial.
  3. Network, berisi informasi yang berhubungan dengan network.
  4. Software, berisi informasi dan setting software.
Semua stting yang dilakukan didalm key ini akan diterapkan pada semua sistem yang ada, sehingga semua user yang aktif akan mendapatkan hasil setting dari key ini.
  • HKEY_USERS
Nama lain dari key ini adalah HKU, berisi informasi tentang desktop dan user setting untuk tiap user yang berhak login ke komputer tersebut. tiap user mempunyai sebuah subkey. Jika hanya terdapat satu user, maka nama subkey tersebut adalah "default".
  • HKEY_CURRENT_CONFIG
Nama lain dari key ini adalah HKCC, berisi informasi tentang konfigurasi hardware, berhubungan dengan HKEY_LOCAL_MACHINE.

0 comments: