Search This Blog

Monday, October 12, 2009

Sejarah Komputasi

Artikel utama: Sejarah perangkat keras komputer
The Jacquard tenun, dipamerkan di Museum Sains dan Industri di Manchester, Inggris, adalah salah satu perangkat programmable pertama.

Penggunaan pertama dari kata "komputer" direkam pada 1613, mengacu pada seseorang yang melakukan perhitungan, atau perhitungan, dan kata terus digunakan dalam pengertian itu sampai pertengahan abad ke-20. Dari akhir abad ke-19 dan seterusnya Namun, kata mulai mengambil makna yang lebih akrab, menggambarkan sebuah mesin yang melakukan komputasi.

Sejarah komputer modern dimulai dengan dua teknologi yang terpisah-otomatis perhitungan dan programmability-tapi tidak ada satu perangkat dapat diidentifikasi sebagai komputer yang paling awal, sebagian karena penerapan yang tidak konsisten istilah tersebut. Contoh awal perangkat penghitung mekanis termasuk sempoa, slide aturan dan diperdebatkan astrolabe dan mekanisme Antikythera (yang berasal dari sekitar 150-100 SM). Hero dari Alexandria (sekitar 10-70 AD) membangun sebuah teater mekanis yang digelar sebuah drama yang berlangsung 10 menit dan dioperasikan oleh sebuah sistem yang kompleks tali dan drum yang mungkin dianggap sebagai sarana untuk memutuskan bagian mana dari mekanisme yang dilakukan tindakan dan kapan. Ini adalah esensi dari programmability.

The "benteng Jam", sebuah jam astronomi yang ditemukan oleh Al-Jazari pada 1206, dianggap paling awal komputer analog dapat diprogram. ditampilkan zodiak, matahari dan bulan mengorbit, yang berbentuk bulan sabit pointer untuk melakukan perjalanan di sebuah menyebabkan gerbang pintu otomatis untuk membuka setiap jam, dan lima robot musisi yang memainkan musik ketika diserang oleh tuas yang dioperasikan oleh camshaft menempel pada roda air. Panjang siang dan malam bisa kembali diprogram untuk mengimbangi perubahan panjang siang dan malam sepanjang tahun.

Renaisans melihat kembali Eropa invigoration matematika dan teknik. 1623 Wilhelm Schickard's perangkat merupakan yang pertama dari sejumlah kalkulator mekanik dibangun oleh insinyur Eropa, tetapi tidak ada yang sesuai dengan definisi modern dari sebuah komputer, karena mereka tidak bisa diprogram.

Pada 1801, Joseph Marie Jacquard membuat perbaikan untuk tekstil alat tenun dengan memperkenalkan serangkaian menekan kartu kertas sebagai template yang membiarkan alat tenun menenun secara otomatis pola-pola rumit. Alat tenun Jacquard yang dihasilkan merupakan langkah penting dalam pengembangan komputer karena penggunaan kartu menekan untuk menentukan pola-pola anyaman dapat dilihat sebagai suatu awal, meskipun terbatas, bentuk programmability.

Itu adalah perpaduan dari perhitungan otomatis dengan programmability yang memproduksi komputer pertama yang dikenali. Pada 1837, Charles Babbage adalah orang pertama yang konsep dan desain mekanis yang dapat diprogram penuh komputer, mesin analitis. Limited Babbage keuangan dan ketidakmampuan untuk menolak mengotak-atik desain berarti bahwa perangkat tidak pernah selesai.

Pada akhir 1880-an, Herman Hollerith menciptakan rekaman data pada mesin yang dapat dibaca medium. Sebelum menggunakan mesin yang dapat dibaca dari media, di atas, telah untuk kontrol, bukan data. "Setelah beberapa uji coba awal dengan kertas pita, ia menetap di kartu menekan ..." Untuk memproses kartu menekan ini ia menemukan tabulator, dan mesin keypunch. Ketiga penemuannya dasar dari industri pengolahan informasi modern. Skala besar pengolahan data otomatis dari kartu menekan dilakukan untuk tahun 1890 Sensus Amerika Serikat oleh perusahaan Hollerith, yang kemudian menjadi inti dari IBM. Pada akhir abad ke-19 sejumlah teknologi yang nantinya akan berguna dalam realisasi praktis komputer telah mulai muncul: yang menekan kartu, Aljabar Boolean, tabung vakum (thermionic valve) dan teleprinter.

Selama paruh pertama abad ke-20, banyak kebutuhan komputasi ilmiah bertemu dengan semakin canggih komputer analog, yang menggunakan mekanis atau listrik langsung model masalah sebagai dasar perhitungan. Namun, ini tidak dapat diprogram dan umumnya tidak memiliki fleksibilitas dan keakuratan komputer digital modern.

Alan Turing secara luas dianggap sebagai bapak ilmu komputer modern. Turing pada tahun 1936 memberikan formalisasi berpengaruh konsep algoritma dan perhitungan dengan mesin Turing. Dari perannya dalam komputer modern, Time Magazine dalam Turing penamaan salah satu dari 100 orang paling berpengaruh dari abad ke-20, menyatakan: "Fakta tetap bahwa setiap orang yang keran di keyboard, membuka spreadsheet atau program pengolah kata, adalah bekerja pada inkarnasi mesin Turing. "

Penemu program komputer yang dikendalikan Konrad Zuse, yang membangun komputer kerja pertama pada tahun 1941 dan kemudian pada tahun 1955 komputer pertama yang didasarkan pada penyimpan yang bersifat magnetis.

George Stibitz secara internasional diakui sebagai ayah dari komputer digital modern. Ketika bekerja di Bell Labs pada bulan November 1937, Stibitz menciptakan dan membangun sebuah relay berbasis kalkulator ia dijuluki sebagai "Model K" (untuk "meja dapur", di mana dia telah berkumpul itu), yang adalah orang pertama yang menggunakan sirkuit biner untuk melakukan operasi aritmatika. Kemudian model menambahkan kecanggihan yang lebih besar termasuk aritmatika dan programmability kompleks.

0 comments: