Search This Blog

Monday, October 12, 2009

Mencari Blog DoFollow dengan Cepat?

Suatu waktu ada yang bertanya mengenai keberadaan software untuk mencari blog-blog yang dalam memberikan link ke pemberi komentar tidak mencantumkan atribut nofollow untuk tag rel. Kondisi ini kerap disebut DoFollow, tetapi ini bukan atribut, hanya untuk penyebutan saja. Kabarnya, dengan meninggalkan alamat blog dan memberikan komentar pada blog-blog yang menerapkan DoFollow, apalagi yang mempunyai Pagerank (PR) bagus, akan menghasilkan backlink yang ujung-ujungnya menaikkan juga peringkat blog pemberi komentar.

Sewaktu menjelajah website RegNow, saya menemukan adanya software yang sepertinya ditujukan untuk keperluan seperti yang dimaksud teman saya tadi, mencari blog-blog pengikut DoFollow. Image di atas merupakan tangkapan hasil akhir dari software ini.
Nama software tersebut adalah Fast Blog Finder, dan dalam penggunaannya harus dilakukan secara online. Pencariannya sendiri meliputi semua blog baik yang "nofollow" maupun "DoFollow", namun pengguna dapat memfilternya untuk hanya menampilkan halaman blog yang menerapkan DoFollow dan PR tertentu. Untuk versi Free Edition yang saya coba, maksimal 50 halaman blog yang akan discan, dan hasil akhirnya sendiri hanya beberapa saja yang mempunyai nilai PR 3 ke atas dan menerapkan DoFollow. Itu berdasarkan beberapa kata kunci yang saya coba masukkan. Ya, pencarian dimulai dengan memasukkan keyword yang diharapkan menghasilkan blog-blog yang menjadi minat dalam memberikan komentar.
Proses pencariannya sendiri menurut saya cukup lama, tetapi mungkin dibandingkan mendatangi setiap halaman blog dan memantau apakah blog tersebut menerapkan DoFollow atau tidak (mungkin juga dengan dibantu plugin-plugin browser untuk keperluan tersebut), bisa jadi cara ini lebih cepat dan yang pasti begitu tombol Start diklik, dapat membiarkan Fast Blog Finder bekerja sendiri, tanpa harus menunggu setiap kali satu halaman discanning. Saya belum tahu juga, apakah untuk versi berbayarnya proses scanning akan lebih cepat ataukah sama saja. Harga untuk full versionnya sendiri adalah US $49.
Untuk menggunakan versi Free Edition-nya, registrasi tetap diperlukan, yaitu setelah menginstall dan mulai menggunakan, akan diminta nama dan alamat email, dan selanjutnya, nomor serial akan dikirimkan melalui alamat email yang didaftarkan tadi.
Download | Beli Full Version | Website Developernya
Catatan: Link-link tersebut menuju link afiliasi yang disediakan oleh Regnow

0 comments: