Search This Blog

Friday, August 28, 2009

Proteksi File dan Folder dengan Rohos Mini Drive

Seperti halnya TrueCrypt yang pernah saya tuliskan contoh penggunaannya, Rohos Mini Drive merupakan software yang dapat digunakan untuk membuat partisi terenkripsi yang dapat digunakan untuk menyimpan file dan folder yang ingin disimpan secara aman. Partisi ini nantinya berjalan sebagai virtual disk, dan untuk membuka virtual disk ini diperlukan password dapat ditentukan ketika membuat partisi. Untuk Rohos Mini Drive free version yang gratis digunakan, besar maksimal partisi yang dibuat adalah 1GB, jadi meskipun pada dasarnya dapat pula digunakan untuk hardisk, pengembang Rohos Mini Drive lebih menujukan penggunaannya untuk USB Flas Drive atau flashdisk. Diharapkan, data dalam flasdisk yang mobilitasnya tinggi akan lebih aman dan tidak dapat disalahgunakan ketika jatuh ke orang lain.


Berikut ini adalah gambaran langkah-langkah untuk menggunakan Rohos Mini Drive. Setelah mendownload, menginstall, dan menjalankannya, hal yang pertama dihadapi adalah window Rohos Center. Dari sinilah, Anda akan dapat memulai membuat partisi baru dengan mengklik Setup USB Key.

Langkah selanjutnya adalah menentukan USB drive dimana partisi tersebut akan dibuat. Jika flashdisk Anda tidak terdeteksi otomatis, klik Change disebelah kanan Please insert your USB device. Sekali lagi, ini tidak terbatas pada flashdisk, pada langkah ini pun, Anda dapat menentukan drive lain dalam komputer Windows yang Anda gunakan.
Selanjutnya, pemilihan drive dilakukan, maka akan diberikan setting dasar partisi, meliputi ukuran disk (disk size), disk letter yang akan diberikan dan lokasi file image partisi. Jika memang konfigurasi ini tidak sesuai, klik Change di bawah dan atur setting partisi yang diinginkan. Mungkin di sini Anda perlu mengubah ukurannya, namun perlu diingat maksimal yang bisa diisikan adalah 1050 MB. Jika semua sudah sesuai yang diinginkan klik OK untuk kembali ke window sebelumnya.

Di windows sebelumnya seperti gambar di atas sebelah kiri, Anda dapat menentukkan password yang nantinya akan digunakan untuk mengakses partisi yang dibuat. Jika memang menginginkan adanya shortcut untuk mengakses virtual disk-nya di desktop, Anda dapat mencentang pilihan Make a shortcut to the disk on your desktop. Setelah mengklik tombol Create Disk, maka proses pembuatan file image partisi akan berlangsung sampai selesai dengan ditunjukkannya window informasi seperti berikut:

Setelah proses pembuatan partisi, secara default partisi tersebut akan terkoneksi dan jika dilihat dalam Windows Explorer akan terlihat virtual disk baru dengan drive letter yang ditentukan sebelumnya. Pada drive inilah nantinya Anda dapat menyimpan file-file dan folder-folder yang ingin diamankan. Anda dapat mengoperasikan copy-paste dari dan ke lokasi ini seperti biasa.
Jika misalnya keperluan atas file-file dalam virtual disk ini sudah selesai, mungkin Anda ingin memutuskan koneksinya, dan ini dapat dilakukan dengan mengklik Disconect pada windows Rohos Center atau melalui klik kanan icon Rohos pada system tray dan memilih Disconnect.
rohos-disk-5
Jika kemudian Anda ingin mengkoneksikan lagi untuk mengaktifkan virtual disk, dari windows Rohos Center atau system tray, Anda tinggal memilih Connect, dan Anda akan diminta memasukkan password yang sebelumnya diset.
rohos-disk-6 Jika Anda lihat pada root falsdisk atau drive dimana file image partisi dibuat, Anda akan menemukan file Rohos mini.exe. File ini nantinya dapat digunakan untuk membuka partisi dan mengaktifkan virtual disk yang dibuat ketika misalnya akan dibuka di komputer lain yang belum terinstall Rohos Mini Drive.
Jika pada komputer dimana Anda akan mengakses, user yang Anda gunakan bukan sebagai Administrator, maka Anda hanya dapat mengakses partisi tersebut dalam mode read only melalui Disk Browser dengan mengklik Open Disk Browser for this disk seperti gambar di atas.
Dibandingkan TryeCrypt, Rohos Mini Drive mempunyai kekurangan dalam hal maksimal besar file image partisi yang dibuat, namun begitu menurut saya, interface dan cara pengunaannya lebih sederhana. Jika memang file data atau foto yang ingin Anda amankan masih di bawahh 1GB, mungkin Rohos Mini Drive dapat Anda jadikan pilihan untuk digunakan.
Download Rohos Mini Drive

0 comments: